6 Jan

Jalan Jalan ke Bandung

Mau jalan jalan ke Bandung? Bagi anda yang baru pertama kali mengunjungi Bandung, tentu akan membingungkan untuk memutuskan tempat mana yang mau dukunjungi terlebih dahulu. Karena banyaknya tempat wisata yang ditawarkan. Apalagi bila anda mempunyai waktu yang terbatas. Tentu sangat mubazir bila berjalan-jalan tanpa panduan karena akan menghabisakan waktu dengan tidak efektif. Alangkah baiknya bila anda sudah mempersiapkan dahulu rute wisata di Bandung agar lebih terarah dan efisien.

Berikut kami sajikan panduan jalan jalan ke Bandung dengan waktu dua hari sudah termasuk perjalanan pulang dan pergi. Untuk itu disarankan pergi nya dimulai dari sekitar jam 4 dini hari, agar bisa sampai di Bandung sekitar jam 6 pagi dengan asumsi anda datang dari Jakarta atau sekitar Jakarta.

Anda bisa melaksanakan sholat subuh di masjid yang terdapat di rest area karena Jam 4 dini hari belum masuk waktu sholat subuh. Hal ini pun bisa jadi pengalaman baru bagi anda.

Hari Pertama: wisata ke daerah Bandung Selatan
Menuju daerah ini memakan waktu sektar 2 jam (kondisi normal) maka bila anda masuk ke Bandung jam 6 pagi hari tentu sangat ideal untuk langsung mengunjungi daerah ini.
Dari arah Jakarta maka anda lewat tol Pubaleunyi dan keluar di pintu tol Kopo/Soreang. Telusuri jalan menuju arah Ciwidey.

Di daerah ini anda bisa menjelajahi beberapa tempat wisata antara lain:

  • Wisata Petik Strawberry, kawasan wisata yang dipenuhi dengan pohon-pohon strawberry. Anda bisa membeli buah yang sudah dipetik atau bisa memetik sendiri kemudian ditimbang dan dibayar. Tentu mengasyikkan memetik stroberi bersama istri/suami dan anak-anak anda.
    wisata strawberry (sumber ensiklopedaindonesia.com)

    Melepaskan ketegangan dan stres selama ini dengan Pengalaman baru. Sungguh wisata alam yang mengasyikkan.

  • Tea Walk, wisata di perkebunan teh Walini dengan suasana yang sejuk tentu sangat menyenangkan. Anda bisa menjelajahi perkebunan teh dengan pemandangan hijau menghampar yang sangat menyegarkan mata.
    tea walk (sumber awn8.co.id)

    Alangkah mantapnya bila anda makan-makan di sini sambil beristirahat bersama keluarga anda.

  • Kawah Putih yang bisa terlihat berubah warna dihiasi dengan pemandangan alam yang indah.Terbentuk dari letusan Gunung Patuha.
    kawah-putih (sumber Erick Costanio google plus)

    Kawah Putih menawarkan pemandangan danau kawah berwarna kehijauan dengan hamparan pasir putih di sekitarnya. Asyeeek.

  • Telaga Situ Patengang, telaga yang kononnya bila dilihat dari atas berbentuk hati sehingga juga sering disebut Telaga Cinta. Wow 🙂
    Telaga Situ Patengan (sumber ayowisata.indonesia)

    Ada juga pulau kecil cantik di tengahnya loh.

Sore menjelang malam hari anda bisa ke kota Bandung untuk beristirahat. Anda bisa menginap di salah satu hotel atau guesthouse apabila anda menyukai suasana tinggal di rumahan. Alangkah baiknya bila memesannya di sini beberapa hari sebelumnya apabila anda mengunjungi Bandung pada saat weekend atau hari libur. Selain lebih murah juga menghindari tidak mendapat tempat menginap yang sesuai dengan keinginan anda.

Hari Kedua: Wisata ke Arah Bandung Utara

Menuju ke arah Lembang yang sudah terkenal sejak dahulu kala dengan keindahan alamnya dan kesejukan udaranya.
Anda bisa mencicipi segarnya air terjun Maribaya sekitar lima kilometer dari Lembang. Rasakan sensai sejuknya udara Maribaya sambil menyantap lezatnya jagung bakar atau ketan bakar di bawah rindangnya pepohonan.

Cek harga termurah dan booking on line hotel di daerah lembang di sini

Teropng Bintang Bosscha/Observatorium Bosscha merupakan fasilitas penelitian astronomi milik ITB. Kegiatan utama Observatorium Bosscha adalah penelitian dan pendidikan.

teropong bosscha (sumber tempatwisatamu.com)

Anda bisa menikmati fasilitas teropong untuk melihat objek-objek langit, diperkenalkan pada keindahan dan deskripsi ilmiah alam raya. Sehingga anda dan keluarga dapat mengenal dan menghargai alam semesta.

Tangkuban Perahu, gunung yang sangat terkenal dengan cerita rakyatnya ini bisa anda nikmati keunikan bentuknya yang memanjang jika dibandingkan dengan gunung kebanyakan. Karena udaranya lumayan dingin anda sebaiknya menggunakan jaket/pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh.

Dari Tangkuban Perahu anda bisa turun ke arah Subang sambil melihat hijaunya perkebunan teh dan sawah yang membuat segar kembali pikiran. Mampirlah ke warung makan sunda untuk melengkapi suasana bumi parahyangan yang khas.

Pemandian Air Panas Sari Ater atau Ciater, Buat anda yang ingin menikmati air hangat dengan kandungan khas belerang pegunungan yang katanya bisa mengobati berbagai penyakit kulit. Karena air nya cukup panas maka sebaiknya anda berhati-hati.

sari ater (sumber jalurmudik.com)

Disarankan untuk beradaptasi dengan panasnya air terlebih dahulu. Oh ya, anda sebaiknya menbawa pakaian cadangan untuk berendam di pemandian ini.

Setelah itu anda masuk kota Bandung tepatnya ke Jalan Setiabudhi untuk mampir di Rumah Sosis. Disini anda bisa menikmati bermacam-macam sosis yang unik sambil anda  ber ourbound ria bersama keluarga. Di sini bukan hanya tempat makan saja tetapi terdapat beberapa wahana permainan.

Lanjut dari situ anda bisa mampir ke salah satu factory outlet yang cukup terkenal yaitu Rumah Mode.

Sekitar 500 meter dari Rumah Mode singgahlah ke kawasan Cihampelas dengan banyak pilihan jeans nya. Ada juga toko oleh-oleh Karya Umbi yang telah berdiri sejak tahun 1950 ini, khusus menjual makanan khas Bandung, seperti keripik yang terbuat dari umbi. Kemudian rehat sejenak sambil cuci mata di Mal Cihampelas Citiwalk (Ciwalk).

Dari kawasan Cihampelas lanjut ke daerah Dago untuk membeli browonies Amanda yang fenomenal itu serta Pisang Molen Kartika Sari. Maknyuss.. Oh ya, di sini juga bertebaran factory outlet (FO) bila anda ingin berbelanja fashion lagi.

Dari Jalan Dago ke ujung bawah anda bisa belok ke kiri menuju Jalan Riau yang berjejalan dengan factory outlet mulai dari pakaian, sepatu, tas serta aksesoris lainnya. Anda juga bisa mencari barang-barang bekas berkualitas di Toko Babe (Barang Bekas).

Sebelum Anda pulang ada baiknya anda berbelanja oleh-oleh di :

Batagor Riri di Jalan Burangrang No. 41, Lengkong,
Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani, tape bakar yang dicampur dengan bumbu gula merah dan parutan kelapa ini, telah menjadi salah satu ciri khas oleh-oleh Bandung
Roti Sidodadi yang merupakan Roti Jadul Legendaris di Jl. Otto Iskandar Dinata no. 255,
Pepes Ikan Majalaya di Jl. Nanas No.41,
Tahu Bungkeng yang telah berdiri sejak tahun 1917 di Jalan Sudirman,
Serta aneka keripik dan manisan di Pasar Baru .

Selamat jalan jalan ke Bandung.

Bila anda ingin memesan hotel atau penginapan di Bandung dengan harga murah silahkan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *